• Juni 23 2016

ABU DEWA (Alat Bantu Deteksi Warna) pada penyandang tunanetra dan buta warna)

ABU DEWA (Alat Bantu Deteksi Warna) pada penyandang tunanetra dan buta warna)

ABU DEWA (Alat Bantu Deteksi Warna) pada penyandang tunanetra dan buta warna)

Tim UKM Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta yang diketuai oleh Ageng Widi Atmoko (Pendidikan Teknik Elektro 2014) yang beranggotakan Puput Pujiyanti (Pendidikan Fisika 2013), Hendriana Helda Pratama (Pendidikan Teknik Elektro 2013), Nony Dias Frimana (Pendidikan Luar Sekolah 2013) dan Fenti Richa Rukmana (Pendidikan Biologi  2014), pada tahun 2016 ini mendapat dana hibah dari Kementrian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang. Tim ini mengangkat PKM KC (Karsa Cipta) yang berjudul ABU DEWA (Alat Bantu Deteksi Warna) pada penyandang tunanetra dan buta warna).

Alat yang mereka ciptakan ini dapat mendeteksi 15 macam warna  yang terdiri dari merah, merah muda, merah tua, biru, biru muda, biru tua, hijau, hijau  muda, cokelat, jingga, ungu abu-abu, kuning, putih, dan  hitam.  Pada alat tersebut terdapat sensor warna RGB TCS 3200-DB yang berfungsi sebagai transmitter dan receiver. Sensor tersebut digunakan untuk mendeteksi warna  yang dipantulkan oleh suatu benda. ABU DEWA memiliki output suara dan LCD sehingga untuk penyandang tunanetra dapat mendengar hasil detektor warna sedangkan untuk penderita butawarna selain mendengar hasil detektor, juga dapat melihat pada layar LCD.

Menurut penjelasan dari Ageng (Ketua ABU DEWA) alat ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk menambah ilmu serta pengalaman dalam menciptakan karya. Selain itu juga dapat memberikan manfaat bagi penderita buta warna dan Penyandang Tunanetra untuk mengenal warna suatu benda dan mempermudah mengetahui warna suatu benda khususnya dalam kegiatan sehari-hari.

[Fenti]

Berita Lainnya

Satya Ananta meraih juara Harapan II kategori Industri Pariwisata Budaya di ajang LIP3D 2022

Satya Ananta berhasil meraih juara Harapan II kategori Industri Pariwisata…

Read More
Satya Ananta meraih juara II kategori Industri Perikanan di ajang LIP3D 2022

Satya Ananta memperoleh keberhasilan gemilang sebagai juara II kategori Industri…

Read More
Satya Ananta meraih Juara Harapan III kategori Pendidikan di ajang LIP3D 2022

Satya Ananta berhasil meraih Juara Harapan III pada kategori Pendidikan…

Read More