• Mei 4 2020

JAGA KESEHATAN DENGAN PENUHI ASUPAN GIZI SAAT DI RUMAH SAJA

BIDANG 2

Bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat ditunggu bagi semua umat muslim. Segala kegiatan dalam menjalankan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Namun seperti yang kita ketahui, Ramadhan kali ini merupakan waktu yang berbeda dari tahun sebelumnya. Pada tanggal 11 Maret 2020 oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan penyebaran Covid-19 menjadi pandemi global, dimana penyebaran begitu cepat bukan menjadi rahasia umum lagi bagi seluruh masyarakat di dunia. Tanggal 9 April 2020, untuk pertama kali dinyatakan seluruh provinsi di Indonesia telah terjangkit Covid-19. Tentu hal tersebut menjadi kekhawatiran bagi umat muslim selama bulan ramadhan kali ini. Selain tidak dapat menjalankan aktivitas diluar untuk menjalankan ibadah, kali ini juga tidak dapat selalu memenuhi kebutuhan tubuh dengan konsumsi makanan yang banyak terdpat dijalan atau diluar rumah. Seperti yang diketahui bahwa pada bulan ramadhan, persedian makanan atau cemilan selalu menjadi alasan untuk ngabuburit. Dengan adanya kondisi pandemi sampai saat ini, secara tidak langsung umat muslim yang menjalankan ibadah puasa harus tetap mengonsumsi makanan di rumah masing-masing namun tetap sehat dan memenuhi asupan gizi. Maka dari itu kita memerlukan informasi langkah yang baik untuk diri sediri pada kondisi saat ini, berikut sumber makanan yang baik untuk dikonsumsi selama bulan ramadhan pada saat stay di rumah saja:

  1. Air Putih

Salah satunya adalah kebutuhan akan air minum. Diketahui bahwa 70% bagian yang ada di dalam tubuh manusia berbentuk cairan. Mengkonsumsi air mineral yang baik dan cukup bagi tubuh dapat  membantu proses pencernaan, mengatur metabolisme, mengatur zat-zat  makanan  dalam tubuh dan mengatur keseimbangan tubuh.

  1. Makanan Mengandung Air

Kebutuhan cairan tubuh dengan minum air serta mengonsumsi makanan yang mengandung air sangat baik dalam memenuhi energy didalam tubuh, untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air serta mengonsumsi makanan yang mengandung banyak cairan seperti sup, buah, dan sayuran.

  1. Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Karbohidrat merupakan zat gizi sumber energi paling penting bagi makhluk hidup karena molekulnya menyediakan unsur karbon yang siap digunakan oleh sel. Selama proses pencernaan berlangsung, sumber karbohidrat akan dipecah menjadi gula (glukosa), untuk kemudian diserap oleh saluran cerna dan masuk ke aliran darah. Jika terdapat glukosa berlebih, maka akan disimpan dalam otot dan hati dalam bentuk glikogen. Bila benar-benar tidak terpakai, maka glukosa diubah menjadi lemak. Sumber karbohidrat tidak lain dapat ditemukan pada gandum, ubi, kentang, singkong, jagung dan kacang-kacangan.

  1. Makanan Mengandung Protein

Protein adalah bagian dari semua sel hidup dan merupakan bagian terbesar tubuh sesudah air, seperlima bagian tubuh adalah protein. Bahan makanan hewani merupakan sumber protein yang baik, dalam jumlah maupun mutu, seperti telur, susu, daging, unggas, ikan, dan kerang. Sumber protein nabati adalah kacang kedelai dan hasilnya, seperti tempe dan tahu, serta kacang-kacangan lain.

  1. Buah-Buahan Dan Sayuran

Sayur dan Buah adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk memenuhikebutuhan serat, vitamin, mineral dan beberapa enzim yang bermanfaat untuk fungsi pencernaan, kardiovaskuler dan mencegah Diabetes Mellitus. Selain itu, dengan mengonsumsi sayuran hijau maupun sayuran berwarna dan buah dapat sebagai senyawa bioaktif sebagai antioksidan.

Berita Lainnya

Satya Ananta meraih juara Harapan II kategori Industri Pariwisata Budaya di ajang LIP3D 2022

Satya Ananta berhasil meraih juara Harapan II kategori Industri Pariwisata…

Read More
Satya Ananta meraih juara II kategori Industri Perikanan di ajang LIP3D 2022

Satya Ananta memperoleh keberhasilan gemilang sebagai juara II kategori Industri…

Read More
Satya Ananta meraih Juara Harapan III kategori Pendidikan di ajang LIP3D 2022

Satya Ananta berhasil meraih Juara Harapan III pada kategori Pendidikan…

Read More