• September 5 2020

PRESS RELEASE UNYSEF #9 UKM PENELITIAN UNY 2020

UKM Penelitian ikut berkontribusi dalam serangkaian agenda UNYFEST atau UNY Festival, yang merupakan salah satu agenda besar Dies Natalis UNY ke 56 (Peringatan hari jadi UNY) dan merujuk pada kompetisi bidang penalaran. UNYFEST pada tahun ini terdiri dari beragam agenda kompetisi diantaranya: UNYSEF, UNESCHO, UNITY, UNITECH dan Magenta Announcer Competition. UKM Penelitian sebagai organisasi yang bergerak dibidang penalaran, membuka peluang bagi mahasiswa seluruh Indonesia untuk menunjukkan ide dan gagasannya melaui UNYSEF. UNYSEF pada tahun ini mengusung tema “Peran Mahasiswa Dalam Era Revolusi Industri 4.0 Sebagai Agent of Change Menuju Indonesia Zero Waste” ini dilaksanakan pada tanggal 28-29 Agustus 2020.

Terdapat beberapa hal yang membedakan UNYSEF tahun ini dengan tahun sebelumnya, yakni lomba dalaksanakan secara online atau daring melalui media online Google Meet karena pandemi Covid-19 yang sedang kita hadapi saat ini. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan semangat para panitia dan peserta untuk tetap berkontribusi menunjukan ide dan gagasannya dalam studi kasus di TPST Piyungan Bantul Yogyakarta. Selain lomba LKTI, terdapat Seminar Nasional yang dilaksanakan menggunakan sistem yang sama secara online melalui media Youtube dan Streamyard, dengan mengusung tema “From Milenial for Nature: Aktualisasi Peran Milenial Dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan Untuk Mewujudkan SDGs 2030”. Seminar Nasional diselenggarakan pada 30 Agustus dengan dua pembicara yang sangat menginspirasi dibidangnya, yakni Vania Fitryanti Herlambang (Puteri Indonesia Ligkungan 2018, National SDGs Ambassador, dan Top 15 Miss International 2018) dan Dr. Hijrah Purnama Putra, M. Eng (Dosen Teknik Lingkungan UII dan Founder Project B Indonesia). Pembahasan yang disajikan oleh kedua pemateri cukup menarik dan respon dari para peserta pun sangat partisipatif.

Acara yang dirangkai sedemikian rupa oleh UKM Penelitian disambut antusias oleh para finalis dan peserta Seminar dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia. Kegiatan UNYSEF dimulai dengan agenda technical meeting yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 28 Agustus dan sesi presentasi karya pada hari berikutnya. Sedangkan Seminar Nasional Lingkungan dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus yang kemudian dilanjutkan dengan pengumuman hasil LKTI di akhir serangkaian UNYFEST. Melalui agenda tahunan ini, senantiasa diharapakan agar mahasiswa dapat menunjukkan ide kreatifnya guna memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat dan menumbuhkan rasa peduli lingkungan dikalangan masyarakat. Hal tersebut ditegaskan oleh Rizkibaldi, selaku Ketua UNYSEF #9 2020, “Menjaga bumi itu penting, kita menjadi manusia, dan manusia menjadi bagian dari penduduk bumi berkewajiban untuk menjaga kelestarian alam. Kita bisa memulai dari hal kecil, seperti mengurangi penggunaan sampah pelastik, membuang sampah pada tempatnya serta memilahnya dengan baik”. Jadi, kita bisa memulai peduli terhadap lingkungan melalui diri sendiri dengan hal yang sederhana dan untuk panitia UNYSEF tahun depan beliau pun berpesan, “Semoga pandemi Covid-19 segera usai, sehingga acara dapat dilaksanakan secara offline, untuk event yang akan dilaksanakan selanjutnya dapat naik ke tingkat Internasional, konsep yang akan dilaksanakan lebih dimatangkan dan jangan lupa dari awal harus ada tujuan moralnya. Jadi, pesan apa yang ingin disampaikan dibalik adanya suatu event. Semoga panitia tahun depan bisa lebih baik, lebih unggul, dan lebih sasaran ke masyarakat, sehingga manfaatnya bisa langsung dirasakan”. Pungkasnya. (Dian)

Berita Lainnya