• Januari 18 2018

Sukses Program Kerja Dengan Rapat Kerja

Rapat Kerja Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian atau biasa disebut RAKER UKMP merupakan kegiatan lanjutan dari serangkaian kegiatan regenerasi kepengurusan yang ada di UKM Penelitian. Rapat Kerja memiliki tujuan untuk membahas, mendiskusikan, dan menyepakati program-program kerja yang akan dilaksanakan selama satu periode kepengurusan. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 14 Januari 2018 yang bertempat di Aula Student Center lantai 3 pukul 07.30 – 14.00 WIB dengan dresscode batik. Di dalam rapat kerja tersebut terdapat susunan acara meliputi pembukaan oleh Desfizar Marry Rinugraha selaku MC, Tilawah oleh Denda Wiguna, Sambutan oleh Muhamad Nur Chozin selaku Ketua UKMP, dilanjutkan dengan presentasi yang dipaparkan oleh Pengurus Inti dan Pengurus Harian tentang program kerja yang akan dijalankan pengurus UKMP 2018 selama satu tahun kedepan, serta tanya jawab antara Pengurus Inti dan Pengurus Harian dengan para peserta rapat yang terdiri dari alumni, DPO, dan pengurus yang baru, acara ini diakhiri dengan kumpul perbidang dan subidang untuk membahas lebih lanjut mengenai program-program kerja yang akan dijalankan masing-masing bidang dan sub-bidang.

Sebagai pengurus yang baru di UKM Penelitian, sangat penting bagi kami untuk ikut serta dan berpartisipasi aktif dalam rapat kerja tersebut. Hal ini dikarenakan seluruh pengurus harus paham dan sepakat dengan program kerja yang akan dijalankan. Berkaitan dengan hal ini, para PIPH telah memaparkan seluruh program kerja selama satu periode kepengurusan. Ketua UKMP Muhamad Nur Chozin dan Wakil Ketua UKMP Anindita Ayu Nisa Utami telah menjelaskan bahwa PI bertanggung jawab pada seluruh program kerja UKMP serta bertugas dalam penyelenggaraan rapat harian pengurus, rapat pengurus inti dan pengurus harian, rapat besar seluruh pengurus, rapat kerja, temu perdana pengurus baru, HUT UKM Penelitian (Temu akrab keluarga UKM Penelitian), dan Musyawarah Anggota Tahunan (MUSYANG). Dilanjutkan dengan pemaparan tugas-tugas Sekretaris oleh Aji Tofa Nasruddin yang meliputi pengarsipan surat masuk dan surat keluar, timeline kegiatan UKMP, pengelolaan sekretariat, pembuatan lembar evaluasi setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh UKMP, pembukuan biodata pengurus, pembuatan buku peminjaman inventaris, pembuatan jadwal piket sekretariat UKMP, pembuatan struktur pengurus, melakukan inventarisasi dan penambahan inventaris, serta pembuatan surat keputusan. Kemudian Miftakhul Janah selaku  Bendahara UKM Penelitian bertanggung jawab atas pengaturan keuangan, dan membuat laporan keuangan secara tertulis tiap bulan, triwulan, akhir kepengurusan dan pempublikasiannya. Kabid 1 Keorganisasian yaitu Astri Anggraeni telah menyampaikan bahwa bidang keorganisasian bertugas dalam penyelenggaraan program capacity building untuk seluruh pengurus UKM Penelitian, peningkatan prestasi keorganisasian, dan melakukan pendampingan rapat rutin sub-bidang. Di dalam bidang satu, terdapat tiga sub-bidang yaitu Humas, Kesra, dan HRD. Sub-bidang Hubungan Masyarakat (Humas) diketuai oleh Hidayatul Choiriyah telah memaparkan tugas-tugas Humas antara lain pengelolaan media sosial, penerimaan kunjungan, pengelolaan papan prestasi dan informasi, pelatihan jurnalistik, kerjasama lembaga penelitian, research exploration, display UKM dan expo, membuat kliping kegiatan, membuat buletin online setiap satu tahun sekali, bertanggungjawab dalam forum komunikasi UKM, dan mengadakan forum berlima dengan  UKM Penelitian di tingkat fakultas. Media sosial yang akan dikelola UKM Penelitian yaitu facebook, instagram, twitter dan web, Tahun ini, Humas juga berencana untuk mengelola youtube UKMP dan akan aktif untuk membuat vlog. Ria Oktaviani sebagai Kasubid Kesejahteraan Anggota (Kesra) menjelaskan bahwa Kesra bertugas untuk mengadakan pelwis dan diseminasi skripsi, syawalan dan kajian, pengarsipan data anggota baru dan KTA, mengadakan UKM Penelitian Award, membuat kliping prestasi, dan bertanggungjawab pada pengelolaan perpustakaan. Ketua Sub-bidang HRD Siti Fatimah mengatakan bahwa HRD memiliki tanggungjawab untuk mengadakan professional development program (PDP), presentation softskill training (PST), membuat laporan pertanggungjawaban tengah tahun, pengembangan prestasi dan konsolidasi pengurus (P2KP), penerimaan anggota baru (PAB) XXVI, dan pembinaan dan kaderisasi pengurus. Selain bidang keorganisasian, UKM Penelitian juga memiliki bidang penelitian dan bidang kewirausahaan. Bidang Penelitian yang diketuai oleh Anisa Ratih Pratiwi memiliki tanggungjawab terhadap penyelenggaraan bidik karya, lambung pustaka, research competition, UNYSEF, dan workshop PKM. Bidang Kewirausahaan diketuai oleh Fikri Ariyanto telah menyebutkan bahwa bidang tiga memiliki beberapa tanggungjawab antara lain mengadakan KIR, melakukan usaha jasa-jasa seperti pengadaan jaket dan pengelolaan printer sekretariat, pelatihan SPSS, mengadakan seminar nasional pendidikan, dan pengelolaan jurnal.

Melalui rapat kerja ini, diharapkan seluruh pengurus memahami apa yang harus dilakukan selama satu periode kepengurusannya di UKM Penelitian demi tercapainya kesuksesan program-program kerja yang sudah dibuat dan peningkatan prestasi UKM Penelitian dari tahun-tahun sebelumnya. Sebagai seorang pengurus baru, saya pribadi juga berharap dapat menjalankan amanah sebagai staff di UKM Penelitian dengan sebaik-baiknya dan dapat berproses serta berprogres bersama orang-orang hebat disini.

[Nur Afifah / Awan]

Berita Lainnya