• April 5 2023

Teknik Pomodoro: Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa dengan Manajemen Waktu yang Teratur

Penulis. Diah Sri Rahayu

Mahasiswa memegang tanggung jawab yang besar dalam mengelola waktu dan sumber daya yang mereka miliki guna memenuhi berbagai persyaratan akademik. Seiring berkembangnya dunia digital, mahasiswa dihadapkan pada berbagai pilihan media dan teknologi yang dapat membantu mereka dalam kegiatan pembelajaran. Meskipun demikian, masih saja muncul masalah yang dihadapi oleh mahasiswa, salah satunya adalah masalah rendahnya efektivitas belajar. Masalah ini secara umum disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kurangnya motivasi, gangguan lingkungan, kecenderungan prokrastinasi, dan kurangnya keterampilan manajemen waktu.

Rendahnya motivasi yang dimiliki mahasiswa menyebabkan sulitnya menemukan makna dari materi yang mereka pelajari. Sementara itu, gangguan lingkungan seperti suasana yang kurang kondusif bisa memengaruhi fokus dan konsentrasi mahasiswa dalam belajar. Kecenderungan prokrastinasi juga menjadi faktor yang pengaruhnya cukup signifikan, dimana mahasiswa seringkali menunda tugas-tugas mereka sehingga menumpuk dan penyelesaiannya pada waktu yang terlalu mepet. Selain itu, kurangnya keterampilan manajemen waktu juga menjadi salah satu penyebab rendahnya efektifitas belajar. Keterampilan manajemen waktu mencakup kemampuan dalam memprioritaskan tugas, mengatur waktu secara efektif, dan membagi waktu secara tepat untuk mengerjakan tugas-tugas yang berbeda.

Selain empat faktor tersebut, hal lain yang juga sangat penting dalam pengelolaan efektivitas belajar adalah penggunaan metode. Pemilihan metode belajar secara tepat sangat penting bagi mahasiswa untuk membantu mereka dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas belajar, serta meminimalisasi risiko kelelahan mental dan kebosanan. Selain itu, dengan metode belajar yang efektif, mahasiswa dapat meningkatkan motivasi belajar dan meningkatkan kemampuan akademik dan profesional mereka. Metode belajar yang biasanya diterapkan oleh mahasiswa sangat bervariasi. Salah satu yang populer saat ini adalah metode belajar dengan teknik Pomodoro. Lalu, seperti apa sih teknik Pomodoro itu?

Pengenalan dan Sejarah Teknik Pomodoro

Pomodoro merupakan teknik belajar yang berfokus pada efektivitas manajemen waktu dan produktivitas. Teknik ini diterapkan berdasarkan waktu yang telah ditentukan untuk mengerjakan tugas, dimana seseorang harus dalam kondisi berkonsentrasi penuh. Teknik Pomodoro merupakan salah satu jenis metode belajar cerdas, yaitu kegiatan belajar yang dilakukan secara teratur dan berfokus pada efisiensi waktu (Nasution dkk, 2022) . Dalam teknik Pomodoro, waktu belajar dibagi menjadi interval-interval pendek dengan tujuan untuk membantu dalam mengatur waktu belajar secara efektif, meningkatkan konsentrasi, dan meminimalisasi gangguan.

Teknik Pomodoro ini dikembangkan oleh seorang mahasiswa asal Italia bernama Francesco Cirillo pada tahun 1980-an. Hal itu dilakukan karena ia merasa kesulitan fokus dalam belajar dan menyelesaikan tugasnya. Francesco membuat roster dengan jam timer yang ada pada dapurnya, yang diatur selama 25 menit untuk belajar atau mengerjakan tugas, kemudian diikuti dengan jeda singkat selama 5 menit untuk beristirahat. Francesco terus menggunakan teknik ini dan menemukan bahwa ia menjadi lebih fokus dan produktif dalam belajar. Teknik ini diberi nama Pomodoro, yang diambil dari kata Italia untuk tomat, karena Francesco menggunakan jam timer dengan bentuk tomat. Teknik ini telah mendapat banyak dukungan dari masyarakat dan menjadi populer di kalangan mahasiswa dan pelajar di seluruh dunia

Bagaimana Efektivitas Belajar dengan Teknik Pomodoro?

Teknik Pomodoro sangat efektif dalam membantu meningkatkan produktivitas dalam belajar karena didasari beberapa alasan. Pertama, teknik ini mampu mengatasi kecenderungan untuk menunda pekerjaan atau jam belajar dengan memecah tugas menjadi bagian-bagian kecil dalam interval 25 menit. Hal ini dapat menjaga fokus kita pada tugas yang sedang dikerjakan. Kedua, teknik ini membantu kita dalam melawan gangguan dan mengembalikan fokus pada tugas yang sedang dikerjakan dengan memberikan jeda 5-10 agar kita dapat memulihkan konsentrasi. Ketiga, teknik ini melatih kita untuk lebih sadar dan menghargai waktu. Hal ini akan membantu dalam memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu tugas.

Langkah Penerapan Teknik Pomodoro

Menurut Salman (2020) teknik Pomodoro dapat diterapkan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Membagi tugas yang rumit menjadi beberapa bagian.
Jika materi pelajaran yang akan dipelajari atau tugas yang akan dikerjakan membutuhkan waktu yang lebih lama dari empat interval jendela kerja (100 menit), bagilah materi pelajaran atau tugas menjadi beberapa bagian. Misalnya, satu materi pelajaran memiliki banyak sub bab, maka bagilah beberapa sub bab tersebut ke dalam beberapa interval jendela kerja.
2. Kerjakan tugas yang dianggap lebih mudah dalam satu interval
Kelompokkan materi pelajaran atau tugas yang dianggap mudah menjadi satu. Kita dapat memanfaatkan metode ini untuk mengerjakan banyak pekerjaan mudah dengan waktu yang relatif singkat.
3. Jangan berhenti di tengah jalan
Begitu timer diatur untuk 25 menit, maka kita harus menaati interval jendela kerja sampai waktunya selesai. Jangan mengalihkan fokus pada hal-hal lain yang tidak penting. Cobalah untuk menonaktifkan notifikasi dari smartphone agar tidak mengganggu dan memecah fokus. Jika ada suatu gangguan yang memang tidak bisa dihindari, maka interval kerja harus diulang lagi dari awal.

Penerapan teknik belajar yang tepat menjadi suatu hal yang penting dalam mendukung proses belajar yang efektif. Dengan teknik belajar yang tepat, mahasiswa dapat memaksimalkan waktu belajar mereka, meningkatkan pemahaman dan retensi informasi, serta mencapai hasil belajar yang lebih baik. Hal tersebut tentunya akan mendukung kemampuan akademik mereka dan mencapai kesuksesan dalam pemenuhan syarat akademik. Oleh sebab itu, penting bagi mahasiswa untuk mempelajari dan menerapkan teknik belajar yang tepat sesuai dengan gaya belajar mereka.

Penulis dapat dihubungi pada Instagram
clik here to writer’s Instagram

REFERENSI

Nasution, M. Z. Z. B., Nasution, M. I. P., & Sundari, S. S. A. (2022). Penerapan teknik pomodoro dalam upaya meningkatkan efektivitas belajar mahasiswa pada masa pandemi covid-19 di kelas sistem informasi-3. JIP (Jurnal Inovasi Penelitian), 3(5), 6035-6040. ISSN 2722-9467

The pomodoro technique – why it works & how to do it. Todoist. (n.d.).Diakses pada 1 April 2022, dari dari https://todoist.com/productivity-methods/pomodoro-technique

Salman, D. H. (2020, November 12). Teknik belajar pomodoro: Cara belajar efektif di rumah. Pahamify. Diakses pada 2 April 2023, dari https://pahamify.com/blog/pahami-tips/buat-belajar/teknik-belajar-pomodoro-jadi-cara-belajar-efektif/

Berita Lainnya