Organisasi merupakan suatu wadah atau tempat dimana orang-orang dapat berkerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Untuk mencapai tujuan, visi dan misi di dalam organisasi memerlukan suatu manajemen sehingga pencapaian tujuan, visi dan misi dapat terarah. UKM Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta merupakan sebuah organisasi mahasiswa yang bergerak dibidang penalaran. UKM Penelitian UNY memiliki 3 bidang dan 3 subbidang. Salah satu subbidang yang melakukan proses manajemen adalah Subbidang HRD (Human Resources Development) di UKM Penelitian.
Keberadaan Subbidang HRD begitu penting mengingat fungsi HRD sendiri meliputi, 1) Pengawasan kader, mengawasi kinerja pengurus UKM Penelitian selama satu periode. 2) Pengarahan kader, mengarahkan seluruh pengurus untuk bekerja sama, bekerja efektif serta efisien dalam membantu tercapainya tujuan organisasi khususnya UKM Penelitian. 3) Pengendalian, mengendalikan seluruh pengurus agar mentaati peraturan-peraturan serta kebijakan-kebijakam yang telah ditetapkan di AD/ART dan GBHK. Selanjutnya jika ditengah perjalanan ternyata terdapat penyimpangan atau kesalahan maka harus diadakan tindakan korektif atau perbaikan serta evaluasi. 4) Kaderisasi/Rekruitmen, melaksanakan proses seleksi dan penarikan, penempatan untuk mendapatkan anggota dan/atau pengurus yang sesuai dengan kebutuhan UKM Penelitian. 5) Pengembangan, peningkatan ketrampilan pengurus melaui pendidikan dan pelatihan (training) yang diberikan sesuai kebutuhan organisasi. 6) Pemeliharaan, menjaga atau meningkatkan motivasi pengurus untuk berkarya dan bekerjasama. Maka dapat dikatakan bahwa UKM Penelitian UNY tanpa Subbidang HRD bagaikan rumah tanpa penghuni.
[Retno/Asrofi]
🏅Selamat dan Sukses kepada:Bartolomius Dias, Mohammad Nabilah Abror, Febrina Nur…
Read More🏅Selamat dan Sukses kepada:Nurul Fatihah,Nabila Yaulia Safitri, Sifroh Ayu Nabila,…
Read More🏅Selamat dan Sukses kepada:Nurul Fatihah, sebagai:✓Juara II Pemilihan Mahasiswa Berprestasi…
Read More