• Agustus 8 2020

Upaya Pemulihan Kesehatan dan Ekonomi Negara-negara anggota ASEAN ditengah Pandemi Covid-19

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara). ASEAN adalah organisasi kawasan yang mewadahi kerja sama 10 negara di Asia Tenggara. ASEAN dibentuk tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand oleh lima negara pendiri, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand melalui penandatanganan Deklarasi Bangkok.

Negara-negara anggota ASEAN meliputi Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja. ASEAN didirikan sebagai wadah persatuan negara-negara yang berada di Kawasan Asia Tenggara. Dimana kawasan Asia Tenggara pada tahun 1960an menjadi kawasan yang rawan konflik, karena pengaruh perang ideologi antara Blok Barat dan Blok Timur. Karena banyaknya perang sodara di kawadan Asia Tenggara seperti perang sodara Vietnam, dan Malaysia. Kemudian dari layar belakang negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki kebudayaan, agama dan strukur sosial yang berbeda, mengharusnya adanya suatu lembaga yang menjadi wadah bagi kesatuan negara-negara di Kawasan Asi Tenggara.

Karena berbagai latar belang tersebutlah Maka, duta negara-negara di Asia Tenggara berkumpul di Bangkok, Thailand, pada 8 Agustus 1967. Ada Adam Malik (Menteri Luar Negeri RI), Narsisco Ramos (Menteri Luar Negeri Filipina), Tun Abdul Razak (Wakil Perdana Menteri Malaysia), Sinnathamby Rajaratnam (Menteri Luar Negeri Singapura), serta Thanat Khoman (Menteri Luar Negeri Thailand) sekaligus sebagai tuan rumah. Mereka menandatangani Deklarasi Bangkok sebagai titik mula berdirinya ASEAN yang mengusung misi: One Vision, One Identity, One Community, atau “Satu Visi, Satu identitas, dan Satu Komunitas.”

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pertama kali diadakan pada 1976 di Bali. Dalam KTT perdana ini, ASEAN menyatakan kesiapan untuk mengembangkan hubungan bermanfaat dan kerja sama yang saling menguntungkan antar-negara.

Berbagai bentuk kerja sama pun terjalin, termasuk dalam bidang politik, keamanan, ekonomi, kebudayaan, pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, penanganan bencana alam, kesehatan, dan lainnya. Kerja sama ASEAN pun semakin erat si usianya yang ke 53 tahun pada 8 Agustus 2020, ASEAN semakin mempererat hubungan kerja sama antar negara di tengah pandemi Covid-19. Kerja sama yanh dibangun semata-mata utuk bersama negara ASEAN melawan Covid-19, dan memulihkan berbagai bidang pemerintahan yaitu Kesehatan dan Ekonomi

KESEHATAN

Di bidang Kesehatan, ASEAN bekerja saa dengan Australia untuk sama-sama melawan Pandemi Covid-19. Dilannsir dari laman kemlu.co.id. Pada 19 Mei 2020 Asean dan Australia mrngadakan pertemuan Ke-32 atau disebut pertemyan Asean-Australia Forum yang dilakukan secara telekonferensi, selain membahas berbagai isu untuk memperkuat kerja sama kemitraan strategis kedua belah pihak di masa mendatang, juga secara khusus membahas isu COVID-19.

Indonesia menyampaikan kemajuan dan tantangan penanganan COVID-19 di kawasan, serta mendorong pentingnya kerja sama sektor kesehatan antara ASEAN dengan Australia. “Menghadapi pandemi COVID-19, untuk jangka pendek, ASEAN dan Australia perlu melakukan kerja sama di bidang penyediaan dan distribusi peralatan kesehatan serta pendanaan penanganan pandemi,” tegas Dirjen Kerja Sama ASEAN, Jose Tavares sebagai Ketua Delegasi Indonesia.

Dirjen Tavares juga menggarisbawahi keseriusan Indonesia dalam penanganan COVID-19 dan mendorong ASEAN-Australia untuk mengatasi efek pandemi melalui penemuan dan penyediaan vaksin. Selain itu, disampaikan pentingnya ASEAN dan Australia mendukung upaya serupa yang dilakukan kelompok ahli di Badan Kesehatan Dunia (WHO).Untuk jangka panjang, ASEAN-Australia perlu fokus pada pemulihan ekonomi, salah satunya melalui percepatan ekonomi digital dan Industri 4.0. Di bidang pembangunan kapasitas, pembangunan SDM di sektor kesehatan adalah hal konkrit yang perlu menjadi prioritas negara-negara ASEAN dengan Australia ke depan.

Pada pertemuan tersebut, Indonesia memimpin diskusi terkait perkembangan kawasan dan isu-isu maritim regional. Di tengah ketegangan antara negara-negara besar, ASEAN dan Australia perlu terus berpegang teguh pada multilateralisme. “ASEAN Outlook on the Indo-Pacific” (AOIP) mengandung prinsip-prinsip sekaligus kerja sama konkrit yang diharapkan dapat diikuti oleh semua negara di kawasan Indo-Pasifik” ujar Dirjen Tavares.

EKONOMI

Di bidang Ekonomi ASEAN bekerja sama dengan AS untuk memukihkan Sistem ekonomi negara-negara di Asia Tenggara akibat wabah Covid-19. Amerika Serikat sampaikan niatnya untuk terus mempererat kerja sama dengan ASEAN khususnya dalam pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID19 dan pengembangan vaksin. Hal ini disampaikan dalam pertemuan ASEAN-US Dialogue oleh Pejabat Senior AS, David Stilwell (05/08/2020).

Pertemuan Tingkat Pejabat Senior ASEAN-US tersebut diselenggarakan dalam format video conference dan membahas kerja sama dalam kerangka Indo-Pasifik, isu-isu stabilitas keamanan di kawasan, hingga arah kerja sama ASEAN dan AS ke depan, khususnya upaya penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi. Indonesia mendorong AS untuk mendukung implementasi ASEAN Outlook on Indo Pacific yang ditujukan untuk penguatan ekonomi dan konektivitas paska Covid-19.

Dalam kaitan ini, Indonesia usulkan kerja sama ASEAN dan AS untuk pemberdayaan UMKM melalui program IGNITE dan jejaring USABC Penyelenggaraan dialog ini juga merupakan kesempatan untuk tetap membuka jalur komunikasi ditengah perkembangan situasi keamanan di kawasan yang tidak kondusif.

Akibat dampak Pandemi Covid-19 menyebabkan Lembaga ASEAN memutar otak untuk tetap bekerja dan membangun hubungan Internasional dengan negara-negara diluar ASEAN, guna untuk mensejahterahkan negara-negara anggota ASEAN serta mrmbantu melawan Covid-19 dan memulihkan sistem perekonomian negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Referensi :

1. Iswara N Raditya. 2019. https://tirto.id/sejarah-berdirinya-asean-alasan-diperingati-setiap-8-agustus-efSo.

2. kemlu.co.id.https://googleweblight.com/i?u=https://kemlu.go.id/portal/id/read/1537/berita/as-terus-mempererat-kerja-sama-dengan-asean-untuk-pemulihan-ekonomi-akibat-pandemi&hl=id-ID

Berita Lainnya