• Maret 12 2021

Webinar Bidik Karya #2

livereportBK2

Sabtu, 6 Maret 2021 acara bidik karya kedua yang diselenggarakan UKM Penelitian UNY mengusung tema Menggali Ide Penelitian sebagai solusi di Era Kebiasaan Baru pemateri oleh kak Indra Dwi Suryanto S.Pd. alumni teknik elektro UNY 2018. Serangkaian acara ini dipandu Endang Tri Adiningsih sebagai moderator, meliputi pembuka, pembacaan ayat suci Al-Quran, sambutan ketua panitia Bidik Karya, sambutan ketua UKMP, sambutan pembina UKMP, seminar oleh pemateri, sesi tanya jawab, dan dilanjut penutup. Seminar bidik karya dilaksanakan di aplikasi Zoom Meeting pada pukul 08.30 s.d. selesai.

Pada pemaparan materi, Kak Indra menyampaikan kita sebagai mahasiswa intelektual harus memaksimalkan segala potensi yang dimiliki, misalnya menjadi aktivis, akademis, dan prestatif. Mengapa? Karena saat menjadi mahasiswa aktivis, akademis, dan prestatif dapat membantu kita proses akademis di kampus, menambah bobot CV, mendapatkan reward, sebagai jalan penopang untuk mendapatkan beasiswa, menambah pahala, dan membahagiakan keluarga. Dalam hal ini, jalan untuk menjadi mahasiswa aktivis dengan mengikuti organisasi, mahasiswa akademis dengan mengikuti perkuliahan dengan sungguh-sungguh, serta mahasiswa prestatif dengan membuat karya tulis ilmiah dan melakukan penelitian.

Fokus materi bidik karya ini adalah penelitian sehingga kak Indra banyak membagikan ilmu tentang sistematika karya ilmiah, tahapan penulisan, info lomba, hingga tips menjadi juara. Wah, menarik ya! Nah, berbicara mengenai prestasi kak Indra sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi, beliau kerap menyabet juara di kompetisi nasional dan internasional bergengsi, di antaranya: mendapatkan dana riset alat kincir 230-an juta pada tahun 2018 dan dana riset membuat alat pengasap ikan 230 an juta tahun 2019. Dari beberapa keberhasilan yang beliau capai bukan berarti tak pernah gagal, namun beliau tak pernah menyerah dan memperbaiki kekurangan diri. Akhir kata, kak Indra menuturkan agar kita mewujudkan mimpi dengan berjuta kreasi. Penelitian yang baik adalah penelitian yang bermanfaat.

Berita Lainnya